Perencanaan Pembangunan

Perencanaan Pembangunan
Perencanaan Pembangunan

Perencanaan Pembangunan

Geografi Pembangunan
Pertemuan 6

Perencanaan Pembangunan
Perlunya Perencanaan Pembangunan

 Masih ingat fungsi manajemen yang pernah kita pelajari dulu ? Pada umumnya ada empat fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi pengendalian (controlling).

Namun keempat fungsi manajemen ini belum sempurna sebelum ditambah tiga fungsi lagi yaitu fungsi Staffing (pelaksana), fungsi Reporting (laporan) dan fungsi Budgeting (modal).

Kalau kita singkat ketujuh fungsi manajemen ini menjadi POSDRCoRB lebih sempurna daripada POAC.

Semua bermula dari recana (planning), rencana baik maupun rencana buruk semua berasal dari rencana. Tidak kegiatan dalam hidup kita yang tidak kita rencanakan. Urusan Matipun telah direncanakan oleh sang maha kuasa Allah SWT.

Pembangunan juga dimulai dengan sebuah perencanaan agar kedepan tidak terjadi masalah yang menjadi malapetaka dalam hidup kita, perencanaan juga untuk menghidari kelangkaan kelangkaan (scarcity) dan perencanaan juga bertujuan untuk mensusaikan tataruang dengan apa yang dibangun seperti sebelum membangun harus ada Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Disinilah Perlunya Perencanaan Pembangunan.

Perencanaan Pembangunan


Perencanaan pembangunan sendiri adalah upaya untuk mengantisipasi ketidakseimbangan yang terjadi yang bersifat akumulatif, atau sebagai peran arahan bagi proses pembangunan untuk berjalan menuju tujuan yang ingin dicapai sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembangunan.

Manfaat Perencanaan :
1.Dengan adanya perencanaan diharapkan terdapatnya suatu pengarahan kegiatan, adanya pedoman bagi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada pencapaian tujuan pembangunan.

2.Dengan perencanaan maka dapat dilakukan suatu perkiraan terhadap hal-hal dalam masa pelaksanaan yang akan dilalui.Perkiraan dilakukan mengenai potensi-potensi dan prospek-prospek perkembangan, tetapi juga mengenai hambatan-hambatan dan risiko-risiko yang mungkin dihadapi. Perencanaan mengusahakan supaya ketidak pastian dapat dibatasi seminim mungkin.


3.Perencanaan memberikan kesempatan untuk memilih berbagai alternatif tentang cara yang terbaik atau kesempatan untuk memilih kombinasi cara yang terbaik.


4.Dengan perencanaan dapat dilakukan penyusunan skala prioritas. Memilih urutan-urutan dari segi pentingnya suatu tujuan, sasaran maupun kegiatan usahanya.

5.Dengan adanya rencana maka akan ada suatu alat pengukur untuk mengadakan suatu pengawasan dan evaluasi.


6.Penggunaan dan aloksi sumber-sumber pembangunan yang terbatas adanya secara lebih efisien dan efektif. Diusahakan dihindarinya keborosan-keborosan. Suatu usaha untuk mencapai output/hasil secara maksimal daripada sumber-sumber yang tersedia.


7.Dengan perencanaan, perkembangan ekonomi yang mantap atau pertumbuhan ekonomi yang terus-menerus dapat ditingkatkan.


8.Dengan perencanaan dapat dicapai stabilitas ekonomi, menghadapi siklis konjungtur.


9.Dengan perencanaan diharapkan dapat dijadikan suatu gambaran skematis terhadap hal-hal yang akan diaplikasikan dalam pencapaian  suatu misi atau tujuan yang telah ditentukan


10.Menghemat pemanfaatan sumber daya organisasi


11.Penyusunan skala prioritas, baik sasaran maupun kegiatan ekonomi

Adapun tujuan pembangunan yaitu:


1.Pembanguna sumber daya insani merupakan tujuan pertama kali dari kebijakan pembangunan


2.Perluasan produksi yang bermanfaat


3.Perbaikan kualitas hidup dengan memberikan prioritas pada 3 hal yakni  terciptanya lapangan kerja, sistem keamanan yang luas dan pembagian kekayaan dan pendapatan yang merata.

1 Response to "Perencanaan Pembangunan"

ojan van hoess jan said...
This comment has been removed by a blog administrator.